Pages

Minggu, 02 September 2012

Jagalah Perhiasanmu Sebaik Mungkin !!


 Jilbab. Bagi seorang muslimah bukan hanya sekedar kain penutup kepala yang melindungi kita dari panasnya sinar matahari , atau debu dan polusi yang mengganggu kita di jalan.  Bukan hanya sekedar mode dan gaya-gayaan trend masa kini.
Bagi seorang muslimah, jilbab adalah identitas dan kehormatan. Jilbab adalah pelindung dari fitnah dan berbagai kejahatan. Sebagaimana dikatakan dalam suatu ayat “ Dan katakanlah kepada perempuan yang beriman , agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang biasa terlihat . dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasan (auratnya) kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka,atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau perempuan sesama Islam mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki tua yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan), atau anak-anak yang belum mengerti aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman agar kamu beruntung.”( QS. An-Nur: 31)
Dari ayat di atas jelaslah bahwa berjilbab itu wajib bagi seorang muslimah, di ayat itu juga sudah sangat jelas, siapa-siapa saja yang boleh dan tidak boleh melihat aurat seorang wanita. Jadi, berjilbab bukan hanya kapan dan di mana tempatnya, tapi siapa yang melihatnya. Walaupun kita hanya pergi ke rumah tetangga atau keluar rumah untuk jemur cucian misalnya. Kita tetap harus memakai jilbab karena mungkin saja disana ada orang yang tidak berhak melihat aurat kita ( kita dosa lho jika membiarkan orang lain melihat aurat kita) . Selain itu memakai jilbab juga harus sesuai aturan, di ayat di atas dikatakan “.......dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya......”   jadi model-model jilbab zaman sekarang yang hanya untuk mode dan tidak menutupi dada, itu mah gak masuk kategori.
Mungkin awal berjilbab memang banyak sekali godaannya, ada yang bilang, “kepala pake jilbab kok kelakuannya kaya gitu?”  atau “ah dia mah pake jilbab ge malu aja sama tetangganya yang pesantren”  atau lagi “ dia mah Cuma cari sensasi aja, biar diperhatiin orang lain trus dipuji-puji, padahal......”  bisa juga “ so suci, pake jilbab segala.......”. Tidak apa-apa, biarkan saja orang lain bicara sesuka hatinya, karena niat baik kita hanya Allah yang tahu.  Asalkan kita berjilbab memang benar-benar niat lilahita’ala. Tapi bagaimana dong? Kita juga merasa sikap kita memang belum sepenuhnya menggambarkan sosok seorang muslimah sejati.  Yup, itu adalah alasan dari kebanyakan orang yang memang belum terbuka hatinya untuk menutupi seluruh keindahan tubuhnya. Padahal perintah Allah untuk berjilbab dan perintah Allah untuk  melakukan amal baik itu derajatnya sama.  Insya Allah, jilbab akan menjadi sebuah batasan untuk kita dalam melakukan suatu keburukan dan akan menjadi penuntun kita dalam menjalankan kebaikan. 
Ingat ! auratmu adalah perhiasanmu, jadi jangan sembarangan menunjukannya pada orang lain,  karena siapa tahu ada orang yang berniat merampasnya. Karena kasus-kasus seperti pemerkosaan atau pelecehan seksual lainya, kebanyakan disebabkan karena si perempuan itulah yang memancingnya dengan berpakaian yang mengundang bahaya. Naudzubillah.
Wanita  itu bagaikan berlian,  harganya akan sangat mahal bila dijaga dengan baik, tapi sedikit saja berlian itu jatuh dan retak, maka orang tidak akan mau lagi membelinya, harganya akan berubah menjadi sangat murah.  Allah sudah sangat meninggikan derajat wanita dan menempatkan wanita di tempat yang terhormat.
Tunjukanlah identitasmu pada setiap orang, tunjukanlah bahwa kamu adalah seorang muslimah sejati. Karena orang lain akan menghargai kamu, jika kamu mau menghargai diri sendiri.  Yang disapa dalam ayat diatas adalah orang yang beriman. So, jika kamu mengaku beriman, tunjukkanlah....!!!! J

0 komentar:

Posting Komentar