Pages

Sabtu, 23 Mei 2015

Enam Bulan Lalu

hijab
Langit sore, hangat menyertai. Suara tawa menjadi pengiring nada yang menyenangkan. Semilir angin, sejuk terasa menelusup hati. Ini adalah pengalaman pertama bagiku. Menyandang gelar seorang mahasiswa disertai dengan embel-embel seorang a-de-ka. Tentu saja bukan hal yang mudah. Hati dan ilmu yang masih kosong, belum memenuhi syarat untuk ini. Tapi, kebersamaanlah yang menguatkan. Ukhuwah mereka bilang.

Terjun ke masyarakat, menjadi sebuah tantangan tersendiri pastinya. Tantangan untuk menjadi seorang teladan, tantangan untuk bisa menjawab segala pertanyaan yang dilontarkan, dan yang paling terasa adalah menjaga hijab yang biasa dilakukan.

Bukan hanya sekedar menunaikan program kerja dan semacamnya. Pengabdian ini harus menjadi sebuah pelajaran untuk mengambil hikmah di setiap jengkal aktivitasnya. Berinteraksi dengan warga dan orang-orang baru ternyata begitu indah.

Tiga hari bersama mereka, membuat rasa tersendiri bagiku. Melihat senyum dan wajah ceria dari anak-anak sangatlah mengasyikan. Senyum tulus yang belum ternoda. Berjilbab, kulihat itulah perubahan pertama mereka. Minimal saat mereka bersama kita.

Karena pada dasarnya, pengabdian itu bukan memberi kepada orang lain, melainkan kepada diri sendiri. Melatih diri untuk bisa menjadi lebih dewasa. Melatih diri untuk bisa berbagi. Melatih diri bagaimana menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Walaupun terkadang rasa lelah, letih, jenuh, cape, mengantri untuk datang menghampiri. Meskipun terkadang prasangka dan emosi mengelabui hati, tapi tetaplah tersenyum.

Tataplah wajah saudaramu! Jika kau merasa lelah, mereka pun sama. Jika kau merasa letih, maka mereka pun iya. Jika kau merasa bahwa kinerjanya kurang baik, mungkin dirimu pun begitu baginya. Jika prasangka mulai datang menghampiri, maka lihatlah diri sendiri. Barangkali, yang kau lakukan tidak lebih baik darinya.

Kurasa ini bukan hanya sekedar pengabdian belaka. Lebih dari itu banyak hal yang bisa kita ambil disana. Enam bulan lalu. Ya, ini adalah kejadian enam bulan lalu. Dan kuharap ini bisa menjadi bekal untuk agenda enam bulan ke kemudian. Sampai jumpa di pengabdian selanjutnya. J







0 komentar:

Posting Komentar